Mengenal Bahan Digital Printing

Warna Grafika – Di dalam dunia digital printing ada yang dinamakan bahan atau media yang digunakan untuk mencetak sebuah gambar/design sesuai yang diinginkan. Bahan atau media yang digunakan sangat beragam, dari mulai lebar hingga panjangnya-pun berbeda-beda.

Apa saja sih bahan atau media yang sering digunakan untuk mencetak pada mesin digital printing, Mari kita simak.

Bahan Flexi/ Banner

Bahan Flexi atau biasa kita sebut sebagai bahan spanduk, bahan jenis ini memilik serat dan tebal dan tergantung jenis gramasinya. bahan ini banyak ukurannya dari mulai 240 gsm sampai dengan 550 gsm.

Bahan Flexi
Bahan Flexi

Bahan jenis ini biasa di print / cetak di mesin Outdoor karena umum lebar bahan flexi yaitu 2,2 m sampai dengan 3,2 m.

Untuk bahan flexi/banner biasanya dibagi dengan beberapa kualitas dari berbagai kualitasnya. Berikut beberapa bahan flexi yang umum dipakai.

Bahan Flexi China

Bahan flexi China ini memiliki jenis serat yang agak lebar, untuk lebar bahan flexi China ini mulai dari 2,2 m sampai dengan 3,2 m. Bahan Flexi China ini tergolong lebih murah dari jenis bahan Flexi yang lainnya, karena kualitas dan pada umumnya bahan flexi China ini hanya dimiliki gramasi dari 240 gsm sampai dengan 320 gsm.

Biasanya bahan seperti ini sangat umum dipakai oleh percetakan-percetakan. Karena harganya juga terjangkau dan sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Bahan Flexi Korea

Bahan flexi Korea ini juga tidak jauh beda dengan bahan flexi China, yang membedakan hanya di kualitas dan gramasi yang lebih tebal. Umumnya bahan flexi Korea di Indonesia yaitu dari mulai 440 sampai 550 gsm.

Biasanya bahan seperti ini digunakan untuk backdrop, karena memiliki bahan yang tebal juga lebih kuat dibandingkan dengan kualitas flexi China.

Bahan Flexi Jerman

Bahan Flexi Jerman ini juga tidak jauh dari baha flexi China ataupun bahan Korea, tetapi untuk kualitas jangan di ragukan lagi karena harganya pun tergolong mahal. Bahan flexi Jerman ini untuk umumnya sama yaitu 2,2 m sampai dengan 3,2 m. Untuk ketebalanya mulai dari 440 sampai dengan 550 gsm.

Biasanya bahan flexi Jerman sangat jarang digunakan, kalopun ada digunakan untuk orderan tertentu saja. Karena bahan tersebut sangat mahal dibandingkan dengan kedua jenis bahan flexi di atas.

Bahan Sticker

Sticker adalah sebuah media informasi visual berupa lembaran kecil kertas atau plastik yang ditempelkan, atau istilah lainnya adalah etiket. Etiket adalah secarik kertas yg ditempelkan pada kemasan barang (dagangan) yang memuat keterangan (misalnya; nama, sifat, isi, asal) mengenai barang tersebut.

Contoh Stiker Transparan
Contoh Stiker Transparan

Bahan sticker juga dibagi menjadi beberapa jenis. Mari kita simak beberapa jenis sticker.

Bahan Sticker Vinyl

Stiker vinyl merupakan sebuah kertas stiker yang terbuat dari bahan vinyl atau sebuah plastik lentur. Dengan menggunakan stiker vinyl ini maka daya tahan jenis stiker ini memang sangat baik karena lebih tahan dengan air dan juga cuaca.

Bahan seperti ini memiliki permukaan glossy atau-pun doff. Dan biasanya bahan sticker vinyl ini di print dan digunakan dan biasa di tempelkan di acrilik, kaca dll.

Sticker Vinyil juga memiliki lebar mulai dari 1,05 sampai dengan 1,55 m,dan panjang rata-rata 50 m berbentuk gulungan.

Bahan Sticker Oneway

Sticker oneway adalah sticker yang mempunyai tekstur yang berupa lubang-lubang kecil, biasanya sticker ini digunakan untuk melapisi kaca mobil atau kaca-kaca dikantoran. Sticker ini berukuran mulai dari 1,05 m sampai dengan 1,55 m.

Bahan Sticker Transparan

Sticker transparan adalah jenis sticker dengan tekstur bening dan transparan. Bahan seperti ini memiliki lebyar area mulai dari 1,05 sampai dengan 1,55 m dengan panjang gulungan rata-rata 50 m.

Biasanya sticker ini di gunakan dan ditempelkan di kaca mobil, dan paling sering di tempelkan di bahan acrilik.

Bahan Albatros

Bahan jenis ini yaitu halus dan mengkilap, bahan albatros ini cocok di posisikan dengan standing x banner, y banner dan roll banner.

Sticker Albatros Di Standing Roll Up
Sticker Albatros Di Standing Roll Up

Bahan jenis ini juga cocok bila dipadukan dengan laminating glossy ataupun doff. Untuk lebar bahan yaitu 1,25 m sampai dengan 1,55 m.

Bahan Luster

Bahan luster ini sekilas mirip dengan bahan albatros, tetapi bahan jenis ini mempunyai serat yang lebih kasarĀ  dibandingkan dengan bahan albatros. meski memiliki bahan yang mengkilap tetapi bahan ini tidak cocok dipadukan dengan laminating karena memiliki tekstur yang agak kasar dari bahan albatros.

Baca juga: Jual Bahan Digital Printing Termurah

Sekian informasi tentang Mengenal Bahan Digital Printing, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

WhatsApp us