Jenis-jenis Mesin Digital Printing

Warna Grafika – Digital Printing adalah sebuah teknik percetakan dari gambar dan text berbasis digital, dari file kemudian kita bisa langsung mencetak nya dengan berbagai media dengan cara yang instan dan cepat. Digital printing adalah sebuah inovasi dari perkembangan metode percetakan konvensional menjadi digital.

Dengan teknik digital printing kita akan memperoleh kelebihan yang tidak dimiliki oleh metode cetak tradisional, yang tidak memerlukan proses pra cetak seperti pembuatan film, plat digital yang kesemua itu tidak ada dalam teknikdigital printing, sehingga proses printing menjadi lebih cepat dan efisien.

Kelebihan Menggunakan Digital Printing

Dengan kelebihan yang ditawarkan tersebut, maka sekarang ini teknik digital printing telah banyak digunakan untuk pengerjaan cetak sekala besar, berikut kelebihan menggunakan mesin digital printing:

Xuli Eco
Xuli Eco
  1. Waktu Produksi Jauh Lebih Cepat
  2. Proses Produksi Mencetak lebih Ringkas, dan Hasil Cetak / Print bisa langsung kelihatan.
  3. Tenaga Kerja yang lebih sedikit karena Proses Produksi yang lebih sedikit.
  4. Proses Kerja yang tidak Rumit, sehingga mudah dilakukan meski oleh Pemula dalam Bisnis Digital Printing.
  5. Bisa Mencetak / Print jumlah sesuai keinginan (Print On Demand), tanpa harus ada Minimal Order, bahkan untuk mencetak dalam satuan.

Jenis-jenis Digital Printing

Ada beberapa jenis-jenis cetak digital printing seperti sablon digital printing, offset digital printing, large format digital printing. Dan berikut penjelasannya:

  • Digital Sablon Printing

Digital sablon printing adalah teknik sablon yang menggunakan mesin dalam menghasilkan sablonnya. Mesin yang dipergunakan adalah printer untuk mencetak gambar serta mesin press agar gambar melekat pada kaos.

Dika Dtg
Dika Dtg

merupakan mesin sablon kaos digital yang bisa langsung mencetak di kain kaos tersebut dan hasil nya lebih bagus dibanding sablon konvensional (sablon manual).

  • Digital Offset Printing

Digital offset printing adalah varian baru dalam dunia percetakan, berada dalam 1 Divisi digital printing, dimana proses cetak yang cepat dan tanpa ada minimal order, cetak 1 lembar pun bisa (PRINT ON DEMAND). Mesin cetak digital offset mampu mencetak layaknya mesin cetak offset konvensional, yaitu untuk cetak kartu nama, poster, brosur, flyer, leaflet, packaging/kemasan, kalender, label, stiker, nota, majalah, buku, dll.

Namun bedanya mesin cetak digital offset tidak memerlukan proses Prepress seperti Pembuatan Film Separasi Warna, Plat Cetak yg ada dalam Mesin Cetak Offset Konvensional.

  • Large Digital Printing

Large digital printing menggunakan mesin printer yang memiliki ukuran Besar dengan lebar 1,6 m, 3,2 m dan ada juga sampai 5 m. Biasanya untuk mencetak / print banner, spanduk, umbul-umbul, baliho, billboard, neon box, sticker vinyl, sticker oneway, canvas, kain (pollyester), dll.

Xuli Outdoor
Xuli Outdoor

Mesin jenis ini menggunakan bentuk roll to roll yaitu mencetak / print dengan bahan-bahan yang berbentuk roll atau gulungan saja.

Baca juga : Perbedaan Digital Printing Outdoor & Indoor

Demikian artikel tentang Jenis-jenis Mesin Digital Printing, semoga bermanfaat.

Jika ada yang mau tanya-tanya tentang mesin digital printing bisa langsung kepoin websitenya di Amskyindonesia.com. Atau bisa langsung kontak marketingnya di nomor 0815 8654 6478 (Tlp/SMS/WA). Terimakasih.

Leave a Comment

WhatsApp us