Perbedaan Mesin Digital Printing Outdoor dan Indoor

Warna Grafika – Di dalam dunia percetakan digital printing pasti sudah tidak asing dengan mesin Outdoor dan Indoor. Tapi bagi sebagian orang masih kurang paham apa itu mesin digital printing outdoor dan indoor.

Mesin digital printing outdoor dan indoor adalah sama-sama mesin digital printing dengan lebar area dan fungsi yang berbeda. Biasanya hasil mesin printing outdoor digunakan di luar ruangan seperti spanduk/banner. Lalu untuk hasil dari mesin printing indoor biasanya digunakan di dalam ruangan seperti luster/sticker.

Berikut adalah pengertian dari mesin-mesin tersebut.

Mesin Digital Printing Outdoor

Mesin digital printing outdoor adalah mesin digital printing dengan lebar area cetak 3,2 meter dengan mencetak bahan-bahan berbentuk roll (gulungan) seperti flexi banner, korcin, backlight banner dll.

Mesin outdoor digunakan dalam jumlah quantity yang banyak, biasanya mesin tersebut di jasakan oleh percetakan-percetakan digital printing.

Printer Outdoor Xuli X6 3200s
Printer Outdoor Xuli X6 3200s

Biasanya mesin tersebut memiliki speed yang luar biasa cepat, kecepatannya sekitar 100 meter2/jam. Mesin outdoor terbaru adalah mesin yang menggunakan printhead konika 512i 30 pl. Karena mesin tersebut sangat cepat maka dibutuhkan body yang kokoh dan kuat agar tidak ada getaran yang menyebabkan pergeseran bahan.

Baca juga: Jual Mesin Digital Printing Murah dan Berkualitas

Mesin dengan tipe ini menggunakan tinta jenis solvent. Tinta solvent sendiri adalah tinta yang memiliki ketahanan yang bagus terhadap air dan sinar matahari, tetapi tinta tersebut mempunyai bau yang sangat menyengat. Biasanya tinta tersebut dijual 4 – 5 litter/galon.

Mesin Digital Printing Indoor

Mesin digital printing indoor adalah mesin printing dengan lebar area maksimal 1,6 meter biasanya digunakan untuk mencetak bahan-bahan seperti sticker, albatros,luster,canvas dll.

Printer tersebut memiliki pico litter sangat kecil dan halus jika dibandingkan dengan mesin printing outdoor, sehingga hasil nya menjadi lebih detail dan tajam. Rata-rata pico litter yang dimiliki mesin indoor adalah 2,5 pl sampai dengan 7 pl.

Mesin Indoor Ecosolvent Xuli
Mesin Indoor Ecosolvent Xuli

Karena mesin tersebut sangat detail, maka untuk speed yang dihasilkan tidak terlalu cepat maksimal 10 sampai dengan 20 meter2/jam (tergantung printhead dan pico litternya).

Untuk tinta mesin indoor biasanya menggunakan tinta eco solvent. Tinta eco solvent sendiri adalah tinta yang ramah lingkungan karena tinta tersebut tidak mengeluarkan bau seperti tinta solvent, tetapi tinta tersebut kurang tahan dengan air dan sinar matahari, maka biasanya hasil bahan akan dilapisi lagi dengan laminating.

Tinta ecosolvent biasanya di jual perbotol dengan isi 700 ml sampai dengan 1000 ml (1 litter).

Baca juga: Tinta Digital Printing Berkualitas

Sekian informasi tentang Perbedaan Mesin Digital Printing Outdoor dan Indoor, semoga bermanfaat

Leave a Comment

WhatsApp us